Sekolah Berwawasan Lingkungan

Sekolah adalah sarana untuk kita berteduh dalam kepanasan ataupun kehujanan. Sebatas mendapatkan ilmu. Ilmu yang kita dapatkan itulah yang nantinya  akan membawa kita untuk untuk menjadi anak yang berprestasi dan masa depan yang cerah. Nah hubungan antar siswa juga dapat mempengaruhi prestasi siswa. Karna hubungan dengan siswa lain kita dapat bersosialisasi dengan yang lain dalam hal pembelajaran entah itu dalam tugas kelompok ataupun mengerjaka Tugas ataupun Pekerjaan Rumah ( PR ) secara berkelompok ataupun secara bersama. Nah Ilmu itu bukan hanya dihapalka jika kita mendapatkan teks ataupun pelajaran yang secara tertulis. Tetapi ilmu itu kita juga harus pahami dan  kita harus kerjakan yang posififnya dalam kehidupan sehari hari.

Sekolah Berwawasan Lingkungan, apakah arti dari Berwawasan Lingkunga itu ? Nah Sekolah untuk Berwawasan Lingkungan itu adalah sekolah yang yang terhindar ataupun sekolah yang terhindar dari sampah yang berserakan. Berwawasan Lingkungan juga berarti dekat dengan lingkungan disekelilingnya. Nah dalam Berwawasan lingkunga berarti terdapat pepohonan ataupun tanaman herbal untuk menyejukan Lingkungan dan agar Kelihatan indah bila di pandang.

Apakah sebuah sekolah yang visinya Berwawasan lingkungan, apakah sekolah itu akan berwawasan lingkungan ? Nah kita dapat kembalikan hal ini kepada Siswa siswi yang terdapat dalam sekolah itu, kita ambil conto sekolah SMP AL-MA’SHUM MARDIYAH nah Al-ma’shum Mardiyah ini dalam visinya yaitu Berwawasan Lingkungan tapi apakah hanya sebagai visi saja ? Jangan hanya sebagai visi saja tetapi juga harus dengan kenyataan yang nyata. Nah jika sudah tercantum dan sesuai dengan fakta yang ada. Nah sekarang kita harus merubah kebiasaan buruk siswa siswinya. Karna sekolah yang telah menjadi sekolah yang Berwawasan lingkungan tetapi siswa siswinya masih ada yang bersikap buruk seperti halnya merusak pepohonan yang sudah kita tanam ataupun yang kita lindungi. Maka dari itu siswa siswi juga berpengaruh dalam hal Visi Berwawasan Liungkungan ini.

Jika siswa siswinya sudah dapat diatasi berarti masalah lain untuk menjadikan Berwawasan Lingkungan yaitu dalam hal pembelajaran. Nah mata pelajaran pun sangat berpengaruh terutama yang berhubungan dengan lingkunag ini yaitu Ilmu Pengetahuan Alam. Karna dengan mata pelajaran itu kita tau bagaimana cara merawat tanaman dengan baik dan benar apalagi pelajaran itu mengenai tentang Biologi.  Didunia ini sebenarnya tidak ada yang pintar dan juga tidak yang bodoh. Karna pintar dan bodoh tergantung pada diri sendiri.

Nah sekarang masalah masalah dalam pembelajaran. Tau gak apa saja permasalahan dalm pembelajaran ? Masalah yang pertama yaitu terdapat pada Gurunya yang mengajarkan kepada muridnya, jika guru yang mengajarkan dengan tegang tidak ada fun nya saya yakin murid pasti saja menjadi boring. Tetapi jika guru yang mengajarkan nya itu serius tetapi fun saya yakin pasti murid murid semnagat dalam belajarnya.

Satu hal lagi nih yaitu hubungan guru dengan orang tua. Orang tua wajib tau bagaimana cara guru mengajarkan kepada anaknya. Karna dukungan orang tua sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa siswinya. Dan yang membuat kita nyaman berada disekolah itu sendiri berasal dari diri sendiri. Karna jika kita menjaga dan merawatnya toh kita juga pasti betah berada disekolah itu. Nah maka dari itu marilah kita jaga sekolah kita terutaman dalam Lingkungan dan hiasilah sekolah itu dengan pepohonan dan lingkungan yang terhindar dari sampah yang berserakan dan indah untuk dipandang. Agar bumi ini  tersenyum.

“  JADIIKANLAH SEKOLAH MENJADI RUMAH KEDUAMU UNTUK MENCARI ILMU DAN MANFAATKANLAH ILMU YANG KITA DAPATKAN ”

Learn more the author of this post:

Agus Sutiandi

Tags:

Leave a Reply


Baca Juga Posting Berikutclose